Catalyst Times

lisensi

Arya Kalingga
Senin, 22 Juli 2024
Last Updated 2024-07-23T02:34:22Z
Inspiration

Waspada, Bun! Awasi anak dari pedofil liar

 

Oleh Rj1979 - Karya sendiri, Domain Publik, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=2591682

Menurut Wikipedia, Pedofilia atau pedofil, merujuk pada seseorang yang memiliki minat seksual terhadap anak-anak yang belum mencapai usia pubertas atau remaja awal, yang umumnya berarti anak-anak di bawah usia 11 tahun. Sebagai diagnosa medis, pedofilia didefinisikan sebagai gangguan kejiwaan pada orang dewasa atau remaja yang telah mulai dewasa (pribadi dengan usia 17 atau lebih tua) biasanya ditandai dengan suatu kepentingan seksual primer atau eksklusif pada anak prapuber (umumnya usia 16 tahun atau lebih muda, walaupun pubertas dapat bervariasi).

Di zaman sekarang, rata-rata gadget sudah dipegang oleh anak berusia 3 tahun dan akan terus berlanjut sampai mereka dewasa. Dan bisa dilihat bagaimana zaman merubah pola pikir seorang anak dibandingkan dengan anak-anak zaman dulu. Hal-hal negatif yang didapat dari gadget yang mereka pegang sendiri pun tidak bisa disaring oleh orang tua sehingga sering kali orang tua tidak mengetahui apa yang dilakukan oleh anak mereka.

Para pedofil biasanya mencari mangsa menggunakan sosial media, bagaimana caranya mengakses sosial media? ya menggunakan gadget

Bagaimana skema yang terjadi sehingga anak-anak dengan sendirinya welcome dengan pedofil tersebut ?



Photo by Charles Parker: https://www.pexels.com/photo/ child-in-devil-costume-eating-lollipop-on-halloween-5859406/

Biasanya kasus yang sering terjadi yaitu si anak diiming-imingi akan dikirimkan uang atau paket data setiap bulan dan disuruh melakukan video call s*x. Dan lebih parahnya terdapat kasus yang video-nya disebarluaskan. Itu akan membuat mental si anak rusak dan bisa mengakibatkan terjadinya bunuh diri karena tidak kesiapan mental.

Lantas, bagaimana cara pengawasan orang tua terhadap anaknya efektif dan berhasil ?


Photo by Matheus Bertelli: https://www.pexels.com/ photo/girl-holding-white-flower-573259/

1. Jika Anda Tidak Bisa Melarang Anak Anda Menggunakan Gadget, Awasi Gadget Tersebut Dengan Aplikasi

  • Norton Family Premiere
  • Google Family Link

2. Awasi Pergaulan Anak Anda, Dengan siapa dia bergaul? Apakah Anda Percaya dengan temannya?

Biasanya pergaulan juga akan mempengaruhi anak anda. apa yang masuk ke pikiran anak anda tergantung pada siapa dia bermain.

3. Cek Secara Berkala Isi Gadget Anak Anda

Karena anak anda masih dibawah umur, jadi para bunda bisa secara bebas untuk mengecek isi gadgetnya. bisa bebas untuk mengontrol gadget mereka karena anak bunda belum tau mana yang baik dan mana yang buruk

4. Penuhi Kebutuhan Anak Anda

Ini saya tuliskan agar anak bunda tidak mudah untuk diiming-imingi rayuan kecil si pedofil ini. 

Sekian tulisan saya semoga para bunda dan ayah bisa lebih aware terhadap lingkungan bermain anaknya. Selamat beraktifitas !


Penulis


Arya Kalingga